Friday, March 04, 2011

note on today's Khotbah ;)

Pic by mukhiddin of devianArt
Khotbah hari ini bagus menurut saya. Usually the khotbah at Cilandak Commercial Estate's auditorium during Friday prayer are ... well .. abysmal hehe.

Yang bagus dari khotbah hari ini adalah; bagaimana khotib dapat membumikan pesan-pesan dia. Khotbah hari intinya adalah 'memberikan rahmat untuk sekitar-mu' ... (moga-moga pengertian saya bener lah). Dia bilang: kalau kamu mau rahmat dari langit .. kamu juga harus dong, memberikan rahmat buat semuanya disekitar kamu.

As usual (for a Friday Prayer's preacher); he told the story of our Prophet Muhammad; as an example. And then he went on saying that Muhammad really loved his family. At the time (in Arab) when kissing your kid is not common, Muhammad encourage moslems to do so. It's like saying that you have to express your love, you have to give 'rahmat' to your family; so then you are eligible for 'rahmat' from God :p ... well .. for me that statement actually make sense!

Cium anak kamu, cium istri kamu; jangan pernah ragu untuk melakukan itu. Tunjukkan cinta kamu pada mereka; berikan lah rahmat kasih sayang itu. Luangkan waktu kamu; belai rambut anak mu, istrimu. Insya Allah berkah dan rahmat akan diberikanNya untuk kamu.

Well, you don't even have to be religious in order to understand the above statement. That is why I rather like this preacher. Semoga makin banyak deh khotib yg bisa lebih dicerna omongan di atas mimbarnya. Tidak usahlah bicara politik dan yang isu-isu besar. Kadang hal-hal kecil, dorongan untuk melakukan hal yang tidak terlalu susah; lebih berguna buat umat yang mendengarkan. Lihat saja saya; akibat mendengarkan khotbah tadi; saya berjanji untuk selalu memeluk dan mencium anak saya setiap hari. Dan saya berjanji untuk membelai rambut istri saya dan memberitahu dia tentang kasih saya :) .. little step..

No comments: