Tuesday, March 29, 2011

stepping into the crazy world of Model Trains :)

GP50 NW @Trainz Cafe

Aha! I used to think that this is a very expensive hobby .. so even though I often stared at windows (of hobby shops) wanting to buy a set of motive powers .. at the end .. I didn't.  However, akibat membelikan Luminara a set of Takara Tomy Plarail Thomas .. keinginan saya untuk bermain kereta model bangkit kembali.

When I shop around .. guess what .. IT IS STILL EXPENSIVE haha.  Tapi gak tau kenapa, mungkin karena gaji sudah agak sedikit mencukupi .. dan banyak sekali produsen-produsen China .. harga nya mulai terjangkau.

posing near a town
Misalnya loco (locomotive) yang saya beli ini. Model EMD GP50 Norfolk & Western .. buatan Bachmann ... DCC Equipped dijual seharga Rp 700.000 ... wow masih mahal .. tapi dibanding Marklin .. yang mungkin jutaan .. ini sudah murah ... digital pula :). Karena harga sudah lebih murah, nabung untuk beli pun makin cepat :). So I decided to go for it (with the blessing of my wifey ofcourse ... this is like the Finance Minister's approval .. so definitely important).

After browsing a lot of websites .. buying two darn big catalogs .. chatting with enthusiasts and sellers .. I decided to take it slow and to stay away from the premium stuff (for now). And thus .. along came Bachmann! .. well semua orang bilang the quality is not that good. The tracks are so so.. the controller not to high tech .. the loco are plastic. Well, for me .. this is so far the most economical :p ... nanti mungkin .. kalau jadi konglomerat .. saya beli Marklin atau Fleischmann.

A day @Trainz Cafe PIM I

ternyata PUSRI ekspor sampai ke Eropa :)
Setelah berkunjung lebih dari 2 kali, akhirnya saya memberanikan untuk membawa loco baru saya ke Trainz Cafe. Hmmm hal yang membuat ragu adalah takut cupu karena pemain baru dan baru punya 1 loco saja ... loco murahan pula hehe.

Tapi karena  ketidak tahanan hasrat (ceile) untuk bermain dan starter set yang tidak kunjung dapat; akhirnya saya memberanikan diri untuk membawa GP50 NW kesayangan untuk di test roll.

bridge cruising speed
Wow ternyata mas-mas yang jaga baik-baik semua. Saya sangat dibantu untuk men-set loco saya. Udah gitu dipinjamkan banyak rolling stock :). Tidak ada yang aneh-aneh sih, tapi salah satunya sudah di modif (di cat/decal) dengan PT Pupuk Sriwidjaja. Cantik sekali! (me thinking on buying a tank stock and paint it with Pertamina).

Pesan minum, cemilan, dan minta asbak... and start rolling... hehehe manteb euy mainan ini. Padahal pre-determined rute .. tapi puter-puter lebih dari 10 kali pun tidak membosankan. Bahaya nih! karena bisa sambil merokok, bisa betah ber jam-jam nih.

look at that yummy scenery!
Kebetulan, digital controller yang dipakai di sana adalah merk Roco.. hmmm menrik juga, tapi pasti harganya akan sampai 2jt lebih. Well, I think as a beginner I'll stick with Bachmann EZ Command deh. When I got the fell .. I'll upgrade later (with the permission of the wifey of course - hehe).
 Talked with several nice people. Mas Andi (kalo ndak salah), dan Om Kumto. Sempet bicara soal layout, dan beliau menawarkan jasa untuk pembuatan layout (hmmm menarik) .. tapi sepertinya mahal sekali yah .. alternatif lain mungkin bisa liat ke www.umomaket.com ... ah nanti lah, saya bahkan belum punya set komplit yang ready to roll (RTR)... wong baru punya locomotive aja .. yang sehari-hari hanya dipakai untuk pajangan disamping CC201 buatan agung hobby :).

motive power!! with lots of rolling stocks
Setelah panjang lebar berbicara, akhirnya masalah saya kembali ke isu dana (kok banyak sekali ya masalah yang berhubungan dengan yang satu ini). Jadi layout adalah rencana jangka panjang. Lagipula seru kali yah kalo kita coba bikin layout sendiri. I imagining that I can actually produce a layout capturing the Uilenstede area ... wow it would be great!!

Anyway, for now; if I feel the urge to roll my loco, I'll go to Trainz Cafe. Good people, good layout, good food? don't know yet. I never actually taste the main course. In time, I'll save enough money to start my own layout :).



3 comments:

Anonymous said...

bro, beli loco nya dimana? saya juga mau memulai this "expensive" hobby (dengan dana pas - pas an), tapai masih belum tau toko2 yang menjual loco2 atau starter set di jakarta.

thanks^^

Yasin Mochdie said...

Wah, kalo saya sih cari-cari di kaskus.us .. banyak sekali kok yang menawarkan. Kita harus jeli saja untuk memilih.

Coba juga www.jualkeretamodel.com .. dan banyak browse di internet. Atau bisa visit semboyan35.com .. ada forum jual beli nya

Akbar said...

saya biasanya sabtu rolling kamod di TC, mudah2an kalo pas rolling disana bisa ketemuan yach :)